Administrasi adalah kegiatan penyusunan dan pencatatan data/informasi (drafting and recording data/information) secara sistematis dengan tujuan untuk menyediakan keterangan serta memudahkan memperolehnya kembali secara keseluruhan dan dalam satu hubungan satu sama lain.
Pengertian administrasi yang lebih luas lagi adalah kegiatan kerja sama yang dilakukan sekelompok orang berdasarkan pembagian kerja sebagaimana ditentukan dalam struktur dengan mendayagunakan sumber daya untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
Untuk menunjang pekerjaan/kegiatan administrasi agar berjalan efisien dan efektif maka diperlukan aplikasi yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Microsoft Office adalah perangkat lunak paket aplikasi perkantoran buatan Microsoft yang sangat cocok dipergunakan untuk menunjang pekerjaan administrasi.
Oleh karena itu pada perkuliahan komputer ilmu administrasi ini kita akan mempelajari tentang Microsoft Office (kita batasi pada aplikasi Access, Excel, Word dan PowerPoint). Mengingat keterbatasan waktu kita tidak akan membahas satu persatu dari fitur-fitur yang ada disetiap aplikasi, kita akan fokus pada menghubungkan (link) data pada aplikasi access, excel. word dan powerpoint.
Untuk itu metode perkuliahan pada kuliah komputer yaitu dengan melakukan project: "Early Warning System" status karyawan kontrak suatu perusahaan, sehingga kita punya gambaran real dari kegunaan link antar aplikasi.
Adapun Target dari kuliah computer adalah mahasiswa mampu menghubungkan aplikasi-aplikasi ms. office (access, excel, word, powerpoint). Mulai access link dengan excel atau sebaliknya (sebagai database) kemudian database tersebut link dengan word dan powerpoint (sebagai penyajian laporan).
Oleh karena itu pada perkuliahan komputer ilmu administrasi ini kita akan mempelajari tentang Microsoft Office (kita batasi pada aplikasi Access, Excel, Word dan PowerPoint). Mengingat keterbatasan waktu kita tidak akan membahas satu persatu dari fitur-fitur yang ada disetiap aplikasi, kita akan fokus pada menghubungkan (link) data pada aplikasi access, excel. word dan powerpoint.
Untuk itu metode perkuliahan pada kuliah komputer yaitu dengan melakukan project: "Early Warning System" status karyawan kontrak suatu perusahaan, sehingga kita punya gambaran real dari kegunaan link antar aplikasi.
Adapun Target dari kuliah computer adalah mahasiswa mampu menghubungkan aplikasi-aplikasi ms. office (access, excel, word, powerpoint). Mulai access link dengan excel atau sebaliknya (sebagai database) kemudian database tersebut link dengan word dan powerpoint (sebagai penyajian laporan).
Materi Ms. Access:
- Design Database (Latihan)
- Import Link (Excel)
- Query (Latihan dengan Import Link Table)
- Export Table & Query
- External Data (Access)
- Format As Table
- Vlookup
- Pivot Table/Range
- Pivot External Data Source
- Power Pivot
- Record Macro
- Mail Merge with Excel
- Mail Merge with Access
- Teknik Penulisan Skripsi
- Transitions
- Animations
- Insert Picture/Video/Audio
- Link Report Excel
- Link Chart Excel
- Slide Show