Ms. Excel memiliki fungsi pivot untuk membuat kesimpulan, laporan atau analisa data dengan cepat. Pivot adalah cara terbaik untuk meringkas, menganalisis, menjelajahi, dan sajikan data dan Anda bisa membuatnya dengan beberapa klik.
PivotTable sangat fleksibel dan dapat disesuaikan dengan cepat bergantung pada kebutuhan analisa yang kita inginkan. Kita juga bisa membuat PivotChart berdasarkan PivotTable, yang akan secara otomatis diperbarui saat melakukan perubahan/update pada PivotTable.
Setelah kita melakukan olah data pada table kontrak (tambahkan kolom Nama, Unit Kerja, Lokasi Kantor, Hari, dan Status). Maka table kontrak telah selesai kita olah telah siap untuk kita pivot atau dibuat laporan "Early Warning System".
Kita akan latihan membuat laporan berdasarkan status kontrak karyawan, yaitu kita akan membuat laporan berapa banyak karyawan yang telah jatuh tempo, akan jatuh tempo dan belum jatuh tempo. Informasi tersebut sangat berguna untuk tindak lanjut dari kondisi status karyawan.
Latihan 1:
Latihan 2:
Latihan 3: