Selasa, 04 April 2017

Materi 5 - Vlookup

Materi Vlookup (Vertical Lookup) adalah materi wajib yang harus dikuasai untuk membuat project "Early Warning System" status kontrak karyawan suatu perusahaan. Vlookup sebenarnya adalah bagian dari fungsi lookup, bersamaan dengan Hlookup, Index, dan Match (pada perkuliahan ini kita hanya membahas Fungsi Vlookup).
 
Kegunaan fungsi Vlookup adalah untuk menyalin data suatu nilai (lookup_value) pada range atau vertical table (lookup_array), kemudian setelah nilai tersebut ditemukan, akan memanggil nilai di kolom yang lain dari tabel tersebut berdasarkan urutan kolom yang diinginkan (col_index_num).
 
Jika kita menggunakan insert function vlookup maka akan tampil template form Function Arguments, Isi template sesuai dengan keterangan.
 
Vlookup Function Arguments:















  • Lookup_value (wajib diisi) yaitu nilai yang digunakan untuk mencari data yang diinginkan.
  • Table_array (wajib diisi) yaitu range atau tabel yang akan digunakan untuk mencari data yang diinginkan. Agar mudah diingat, table array bisa kita sebut dengan tabel vlookup.
  • Col_index_num (wajib diisi) yaitu nomor urut kolom yang akan kita ambil nilainya sesuai dengan nomor kolom yang ada di tabel.
  • Range_lookup (opsional) yaitu nilai 1 (TRUE) atau 0 (FALSE). TRUE digunakan jika kita ingin hasil yang mendekati (pendekatan). Sedangkan, FALSE digunakan jika kita ingin hasil absolut atau pasti.

Note: Langkah untuk melakukan Vlookup :

Cara 1, Menu/Ribbon:
  1. FORMULAS 
  2. Lookup & Reference
  3. VLOOKUP (akan tampil template Vlookup seperti gambar diatas).
Cara 2, Menu/Ribbon:
  1. FORMULAS
  2. Insert Function
  3. Search for Function: (ketik. Vlookup dan click Go)
  4. Select a function: VLOOKUP dan OK (akan tampil template Vlookup seperti gambar diatas).
Cara 3, Ketik Syntax Fungsi VLOOKUP:
    Syntax Fungsi VLOOKUP
    =VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])
     
Latihan:

Export:
  • Silahkan buka File Ms. Access yang telah dibagikan pada pertemuan sebelumnya dan lakukan export ke Excel Table Karyawan dan Table Kontrak.
  • Pada Table Kontrak, Tambahkan Kolom baru dan berikan nama kolom: Nama, Unit Kerja, Lokasi Kantor, Hari, dan Status.
  • Isi kolom baru tersebut dengan fungsi vlookup dan IF.

Latihan dengan Metode "Link Table" Ms. Access:

  • Buka File New pada Excel
  • Get External Data: Menu Data, From Access, Pilih Table Kontrak
  • Get External Data: Menu Data, From Access, Pilih Table Karyawan
  • Pada Table Kontrak, Tambahkan Kolom baru dan berikan nama kolom: Nama, Unit Kerja, Lokasi Kantor, Hari, dan Status.
  • Isi kolom baru tersebut dengan fungsi vlookup dan IF.